Kerangka Ilmiah Komunikasi Politik

Kerangka Ilmiah
Judul : Gerakan Progresif Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
BAB I
Penegasan Mengenai Judul
      Dalam menyusun karya tulis ilmiah, penulis memberi judul “Gerakan Progresif Partai Solidaritas Indonesia”. Partai – partai politik yang sekarang ini sudah banyak yang menyimpang dari tujuan yang tercantum dalam pembukaan Undang – Undang Dasar  Republik Indonesia Tahun 1945, bahwa tujuan idealnya partai politik adalah bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan tertentu, melainkan untuk seluruh bangsa Indonesia. Tidak peduli akan adanya perbedaan baik suku, bahasa, budaya, agama dan lain – lain.
      Gerakan progresif merupakan gerakan yang umumnya dijalankan oleh pemuda untuk berpartisipasi dalam politik guna mendorong perubahan sosial yang progresif bagi kemajuan bangsa.
Alasan Pemilihan Judul
     Alasan penulis memilih judul “Gerakan Progresif Partai Solidaritas Indonesia” adalah, gerakan progresif  bukanlah hal baru di Indonesia dan selalu bertumpu pada gerakan kaum muda. Kata “progresif” tentu saja menarik untuk di telusuri, mengingat untuk berapa lama progresivisme seolah lenyap dari Indonesia. Dalam politik, progresivisme bisa diartikan sebagai gerakan yang bertumpu pada ide – ide baru serta berhubungan dengan penggunaan ilmu pengetahuan, teknologi dan organisasi sosial demi terwujudnya kondisi ekonomi, sosial kemasyarakatan yang lebih baik.
     Politik seolah kehilangan kebaruan dan terjebak dalam pertarungan kepentingan elit partai politik, serta seringkali mengorbankan kepentingan rakyat dan keadilan sosial demi partainya, keluarganya atau jaringannya. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan slogan “terbuka, progresif, itu kita” memberikan warna tersendiri bagi dunia politik di Indonesia dengan berisikan orang – orang berusia dibawah 45 tahun yang mempunyai wawasan terbuka, progresif, paham politik, tetapi kurang menyukai partai – partai politik yang sudah ada. Dari slogan dan orang – orang didalamnya tersebut, penulis tertarik untuk mengikuti perkembangan PSI. Apakah nantinya PSI akan sama dengan partai – partai sebelumnya yang menyebut diri pembaruan, tetapi kemudian ikut arus politik yang sudah ada
Rumusan Masalah :

  1. Bagaimana Partai Solidaritas Indonesia membuktikan sebagai partai gerakan pogresif ?
  2. Strategi apa yang dilakukan Partai Solidaritas Indonesia dalam bersaing dengan partai – partai yang sudah ada sebelumnya ?

BAB II
PEMBAHASAN
     Bab ini meliputi, definisi politik, definisi komunikasi politik,definisi Progresivisme, definisi partai politik.
BAB III 
Tujuan Analisa

  1. Untuk menganalisis gerakan progresif Partai Solidaritas Indonesia
  2. Untuk mengetahui strategi apa yang digunakan Partai Solidaritas Indonesia dalam bersaing dengan partai – partai yang sudah ada sebelumya.

Metode Analisis
     Penulis melakukan metode analisis terhadap media massa terkait perkembangan Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Manfaat Analisis

  1. Hasil analisis diharapkan dapat bermanfaat dalam mempelajari komunikasi politik.
  2. Dapat mengetahui gerakan progresif Partai Solidaritas Indonesia untuk gerakan pembaruan dunia politik di Indonesia.

BAB IV
Kesimpulan dan Saran

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOSIAL MEDIA DIATUR OLEH SEBUAH LEMBAGA

BOT Telegram yang Terbukti Membayar. NO SCAM !